Jangan Buang Ampas Kopi. Ini Tiga Manfaatnya



Kamu pasti peminum kopi ya?



Setiap kali kita minum kopi, sebenarnya kita menghasilkan sampah berupa ampas kopi. Ampas kopi ini telah banyak diteliti di berbagai lembaga riset di berbagai universitas di berbagai negara. Ampas kopi adalah “sampah” yang bernilai tinggi karena kandungan nutrisi dan antioxidant yang masih tinggi. Ditambah lagi, ampas kopi ini adalah “sampah” yang bersih karena sampah ampas kopi ini biasanya dipisahkan dari sampah lain, dan ampas kopi ini hasil dari penyeduhan dengan tekanan tinggi dan air bersuhu tinggi dari mesin kopi.



Nah, ampas kopi ini bisa bermanfaat dalam kehidupan kita sehari-hari, untuk paling tidak tiga hal berikut:


1. Pupuk

Ini nih manfaat ampas kopi yang paling populer. Sejumlah coffee shop bahkan sudah mempersiapkan ampas kopi dalam kantong untuk diadopsi pengunjung café dan menggunakannya sebagai pupuk. Eh, tapi jangan salah ya, ampas kopi ini tidak bisa langsung ditaburkan saja di pot dan kita berharap ampas kopi tesebut langsung jadi pupuk. Untuk jadi pupuk, ampas kopi ini harus dicampurkan dengan tanah atau media tanam. Cara lain, ampas kopi ini dimasukkan ke dalam composter dan disiram bio-activator yang akan ready menjadi pupuk dalam waktu 4 minggu.


2. Penghilang bau

Kopi adalah penghilang bau alami yang efektif – ingat kan, di tiap counter perfume selalu disediakan kopi untuk menetralisir bau ketika kita mencoba-coba bau perfume. Nah, ampas kopi ini berguna sebagai penghilang bau.

Setelah masak ikan dan bawang, cucilah tangan dengan ampas kopi untuk menghilangkan baunya. Ketika kulkas dan toilet berbau tidak enak, letakkan satu mangkok ampas kopi. Untuk mengatasi bau di tempat sampah, taburkan ampas kopi di situ. Ketika ruangan berbau karena asap masakan ataupun bau lembab, letakkan ampas kopi di beberapa penjuru ruangan.


3. Kecantikan

Ini nih, rahasia kecantikan kekinian J

Ampas kopi bisa dipakai untuk kecantikan kulit dan rambut. Syaratnya harus pakai ampas kopi yang fresh atau ampas kopi yang masih baru ya. Ampas kopi yang sudah berusia lebih dari satu hari, sudah rentan berbakteri atau berjamur karena adanya kandungan air di ampas kopinya.

Ampas kopi untuk kecantikan kulit ini bisa digunakan untuk body scrub ataupun untuk face mask dan lip scrub. Dengan campuran bahan-bahan yang ada di dapur dan meja makan, jadilah produk perawatan kulit DIY yang efektif, murah dan mudah bikinnya.

Sebagai perawatan rambut, ampas kopi bisa dicampurkan dengan conditioner ataupun diseduh lagi untuk kemudian dipakai untuk membilas rambut seusai keramas. Rambut jadi tampak lebih gelap dan sehat!



Jadi, next time, setelah habis ngopi di coffee shop, jangan mau rugi ya…bawa balik ampas kopinya J




119 views

Follow us on:

  • Instagram - Black Circle

Contact Us:

+62 81 329 323 999  |  ReBrewLifestyle@gmail.com

© 2019 Rebrew. All Right Reserved